Kejutan! Film Thailand Menang di Cannes0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 24 May 2010 at 8:51pm
Apichatpong Weerasethaku

Apichatpong Weerasethaku

Film Thailand yang berjudul Uncle Boonme Who Can Recall His Past Lives memenangkan penghargaan Palm d’Or di Festival Film Cannes 2010.

Film features besutan Apichatpong Weerasethakul ini bercerita tentang seseorang yang menjelang kematiannya dikunjungi oleh arwah istri dan anaknya, diberikan penghargaan sebagai film terbaik oleh ketua tim juri Tim Burton.

Saat menerima penghargaan tersebut Weerasethakul mempersembahkan penghargaan tersebut kepada pimpinan negerinya dan digunakan sebagai landasan untuk mengkritik kebijakan Thailand dalam melakukan sensor terhadap film.

“Saya ingin berterima kasih kepada juri, khususnya Tim Burton, yang saya suka potongan rambutnya. Saya juga akan menyampaikan pesan kepada mereka di rumah, hadiah ini untuk kalian,” ujar Weerasethakul, seperti dikutip Digital Spy, Minggu (23/5/2010).

Sementara lainnya, drama Xavier Beauvois berjudul Gods And Men, yang mengambil sentral kehidupan kaum kristiani di Aljazair, memenangkan piala Grand Prix.

Javier Bardem dan Elio Germano berbagi penghargaan sebagai aktor terbaik dalam peran meraka di Biutiful dan La Nostra Vita. Sementara Juliette Binoche meraih aktris terbaik untuk film Copie Conforme.

Sutradara terbaik diraih Mathieu Amalric untuk film drama komedinya berjudul Tournee, dan naskah terbaik jatuh kepada penulis Korea Selatan Lee Chang Dong untuk film Poetry.

Penghargaan juri diberikan kepada A Screaming Man, film pertama Chad yang masuk dalam Festival Film Cannes. Sementara Michael Rowe lewat Leap Year membawa pulang Camera d’Or, penghargaan tertinggi bagi para sutradara.
(nov)

SUMBER:  Novi Muharrami – Okezone

Read Also
Advertisement

Leave a Reply