Lagi, James Cameron Bikin Film 3D0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 07 Sep 2010 at 3:42pm
James Cameron

James Cameron

Setelah sukes menggarap film Avatar, James Cameron berencana membuat film Tiga Dimensi (3D) yang menceritakan suku pedalaman Amazon di Brasil.

Film ini mengisahkan perjuangan para suku pedalaman yang menentang rencana pembangunan bendungan raksasa yang memakan lahan adat.

“Saya ingin kembali bertemu dengan para pemimpin Suku Xirin-Kapayo yang mengundang saya” ujar sutradara berdarah Kanada itu yang dikutip AFP, Selasa (6/9/2010).

James akan membawa kamera 3D untuk memfilmkan bagaimana kehidupan para penduduk dan budaya mereka.

James mengaku sudah mendatangi Amazon dua kali sebagai bentuk dukungan kepada para pribumi dan penolakan pembangunan proyek bendungan di Sungai Xingu. Film belum berjudul ini rencananya akan dirilis pada Natal mendatang.

James menuturkan, film yang dibuat ini masih bertema sama dengan Avatar. “Saya hanya diminta membantu orang-orang Indian-Brasil yang putus asa. Saya tidak berpaling dari mereka,” ucapnya.

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva pekan lalu sudah memberikan lampu hijau untuk megaproyek bendungan yang akan difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) itu. Rencananya, proyek ini akan dimulai pada awal 2011.

Pemerintah berkilah dari tuduhan bahwa proyek itu mengganggu tanah adat Xingu. Pemerintah juga sudah merogoh kocek hingga jutaan dolar AS untuk mengantisipasi dampak lingkungan, sosial, dan budaya dari proyek ini.

Bendungan memakan lahan selebar 500 kilometer persegi di sepanjang Xingu. Proyek ini akan merelokasi sekira 16 ribu orang.(ang)

sumber: Rosa Anggreati – Okezone

Read Also
Advertisement

Leave a Reply