Menbudpar Ingin Dirikan Sekolah Film0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 21 Feb 2011 at 10:38am
Menteri Budaya dan Pariwisata, Jero Wacik

Menteri Budaya dan Pariwisata, Jero Wacik

JAKARTA – Masih kurangnya mutu perfilman nasional mendorong pemerintah melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata untuk mendirikan sekolah film di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, usai jumpa pers di kantor Kemenbudpar, Minggu (20/2/2011) malam.

“Ada pikiran memang, kita memang kekurangan sekolah film, saya pikirkan untuk membuka beberapa fakultas film lagi di Indonesia, sehingga nanti terbuka sekolah perfilman,” kata Jero Wacik.

Seiring pertumbuhan jumlah film di Tanah Air, menurutnya tuntutan pertambahan jumlah pekerja film juga ikut meningkat.

“Ini kan semua harus berkembang bersama. Jumlah filmnya naik dan pekerja filmnya juga harus bertambah,” urainya.

Seperti diketahui, keterbatasan jumlah jurusan pendidikan khusus film di Indonesia memang menjadi faktor minimnya sineas Indonesia. Tercatat Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang memiliki fakultas khusus untuk Film dan Televisi.

Kasus hengkangnya distributor film asing dari Indonesia, memang menjadi faktor bahwa dunia perfilman tanah air perlu mendapat perhatian khusus dari masyarakat. Dari kasus ini, industri perfilman Indonesia harus maju dengan ditopang sumber daya manusia yang mumpuni.

Menurut sineas/produser film Mira Lesmana, kondisi perfilman Indonesia saat ini tetap terbelakang dengan pajak film berlebihan. “Sekolah film saja cuma segelintir dan berdiri tanpa dukungan pemerintah,” tulisnya via Twitter.

sumber : Mahfiroh – Okezone

Read Also
Advertisement

Leave a Reply