Ajarkan si Kecil Supaya Tak Manja0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 25 Jan 2011 at 9:20am
Ajarkan si Kecil Supaya Tak Manja

Ajarkan si Kecil Supaya Tak Manja

APAKAH Anda merasa anak-anak terlalu manja? Mungkin akibat kepuasan instan yang sering Anda berikan. Jika Anda ingin mereka jadi anak mandiri, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Suatu hari, Anda mendapati si kecil sudah bisa buang air besar di toilet untuk pertama kalinya. Karena senang, Anda memberikan hadiah untuknya. Setahun kemudian, Anda merayakan kepintarannya membaca buku dengan hadiah yang lain.

Dalam berbagai tingkatan, adalah hal baik untuk memberikannya hadiah. Semua terasa baik sampai Anda menyadari dia selalu mengharapkan hadiah pada setiap kepintarannya.

Simak sekelumit pola didik supaya anak tidak manja, seperti diulas Sheknows.

Menyadari peran Anda

Saat kekacauan mulai terlihat, sudah waktunya untuk Anda mulai berkomitmen untuk menjadi orangtua, bukan temannya. Lantaran Anda tidak selalu memenuhi keinginannya sepanjang waktu, bukan berarti dia akan membenci Anda. Ambil peran untuk mendisiplinkan perilakunya.

Tetap tenang

Pertama kali menolak permintaannya, si kecil mungkin akan tercengang, mengamuk, atau berteriak. Di satu sisi, Anda mungkin juga menyesal telah menolak permintaannya. Tapi tenang, lama-kelamaan Anda akan mulai akrab dengan perubahan sikap dan situasi baru ini.

Disiplin pada aturan

Anda harus bersungguh-sungguh pada aturan jika ingin mengubah perangainya, tidak peduli reaksi si kecil. Ketika dia mengancam untuk meninggalkan makan siangnya sampai Anda memenuhi permintaannya, Anda perlu segera menangani. Ini tidak berarti Anda harus mengabaikan kata-kata tidak baik darinya, tapi bersikap lebih tenang dengan tetap memegang aturan.

Mulai terbiasa

Segera, setelah suasana menjadi lebih tenang, Anda dapat memberitahu si kecil bagaimana dia bisa mendapatkan keinginannya kembali, satu per satu. Dia akan mulai terbiasa dengan aturan. Rencana ini tidak akan berhasil seketika, tetapi akan bekerja jika Anda memberikan waktu. Cobalah selama 30 hari, dan lihat bagaimana hasilnya.

sumber : Fitri Yulianti – Okezone

Read Also
Advertisement

Leave a Reply