Hunian Romantis Sambut Valentine0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 14 Feb 2011 at 11:52am
Hunian romantis sambut Valentine

Hunian romantis sambut Valentine

VALENTINE merupakan momen tepat untuk menciptakan suasana yang lebih akrab antara Anda dan pasangan. Apalagi bila didukung dengan konsep hunian romantis, bukan tidak mungkin akan membawa suasana hati menjadi lebih menyenangkan.

Kendati demikian, suasana romantis sejatinya bukan semata milik sepasang kekasih. Namun, bisa juga keromantisan antara Anda dan sahabat, serta ayah, ibu, anak, atau kakak dan adik.

”Valentine bukan hanya membahas soal sepasang kekasih, juga tentang kasih sayang antara ibu dan anak, bapak dan ibu, atau ibu, anak, dan ayah, bisa juga dengan sahabat. Untuk itu, hal yang perlu diperhatikan saat menata ruangan menjelang Valentine bergantung pada bagaimana kita mengemasnya sesuai dengan siapa kita mau menikmati atmosfer Valentine itu, dan bagian mana yang ingin kita fokuskan,” ungkap desainer interior Fati S Hadiawan.

Setelah semua terjawab, Anda bisa mulai menata ruang tersebut. Desainer interior Chandrarezky P menimpali, untuk melakukan perubahan pada rumah, tidak perlu dengan mengubah semua tatanan perabot. Cukup dengan memberikan aksen Valentine, suasana Hari Kasih Sayang akan tercipta.

”Bisa juga dengan memberikan satu-dua aksen dalam bentuk elemen estetis interior melalui warna ataupun tema-tema yang kental dengan Valentine di dalam ruangan, seperti menambahkan bantal bersimbol hati di tengah-tengah bantal-bantal berbentuk biasa,” ucap Fati S Hadiawan, yang merupakan anggota Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII).

Bila ingin lebih ”sakral”, Fati menyebutkan, bisa saja Anda mengubah sedikit lay out rumah, misalnya pada salah satu bagian sudut ruangan. Bagian itu pula yang kelak dijadikan fokus atau point of interest Valentine. Aksen interior yang dimaksud bisa meliputi bunga berikut vasnya, bantalan tempat duduk berbentuk hati, ataupun taplak meja berwarna pink. Untuk menentukan aksen yang ingin diaplikasikan, jangan lakukan secara asal.

Dalam hal ini, Anda perlu membicarakannya dengan orang-orang yang kelak akan bersama Anda merayakan Hari Kasih Sayang. Misalnya menentukan kegiatan apa yang paling ingin dilakukan saat hari itu tiba.Kegiatan yang Anda pilih dapat menentukan pilihan aksen dan furnitur yang bakal digunakan.

Penentuan kegiatan tersebut berkaitan juga dengan ruang mana yang hendak digunakan.Misalnya, menonton film atau ingin sekadar mendengarkan musik. Karena itu, ruang yang dipilih tentulah ruang keluarga.

Adapun setiap ruang memiliki fungsi dan taste yang berbeda. Tinggal cara Anda mengubah tampilan supaya sesuai dengan konteks Valentine. Contoh lain, Anda ingin makan malam bersama suami atau istri. Karena itu, yang mungkin lebih banyak Anda ubah di area tersebut bisa dilakukan pada sarung kursi yang diberi aksesori pita, atau taplak mejanya yang diubah dengan warna merah atau pink. Yang penting, aksen tersebut dapat membentuk suasana yang diinginkan.

”Perubahan setting-an serbet atau table manner-nya juga dapat memberikan kesan berbeda pada ruang makan,” kata Candrarezky.

Mengenai penentuan proporsi aksennya, Fati mengatakan, di mana itu cukup, dalam arti tidak kurang atau tidak berlebihan, di situlah kita berhenti. Berarti konsep yang kita buat sudah membentuk tema Valentine, dan tentu saja akan membuat kita juga nyaman.

”Rasa cukup itu bisa dilihat setelah kita menata semuanya, dan kita anggap sudah memenuhi semua atau belum. Semua itu tampak dari target apa yang kita punya serta tema yang harus bagaimana, setelah tertangkap semua, dan kita merasa happy, itu sudah cukup,” ujar Fati.

Artinya, Anda tidak harus membeli barang yang baru untuk memenuhi unsur perubahan yang Anda buat. Perubahan suasana mungkin bisa dilakukan dengan cara membuat sesuatu atau modifikasi dari yang sudah ada. Itu sudah bisa tercapai. Ambil contoh, mengubah lampu yang biasanya ada di sudut ruang keluarga, kemudian diletakkan di tengah dengan tambahan aksesori pendukung lain.

Itu saja sudah sangat membuat beda look and feelruang keluarga Anda. Guna memaksimalkan kesan yang dibentuk,jangan lupakan peran cahaya. Dalam kondisi atau tema apa pun, lampu selalu memainkan peranannya untuk membentuk ruang.

Dalam hal ini, Chandrarezky menyebutkan, untuk cahaya lampu, bisa pilih lampu yang hangat seperti lampu pijar, table lamp, atau wall lamp.

sumber : SINDO//nsa okezone

Read Also
Advertisement

Leave a Reply