Mandi ‘Pertamaku’ Pascamelahirkan0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 05 Feb 2011 at 9:30am
Wanita akan mandi pertama kali seusai melahirkan.

Wanita akan mandi pertama kali seusai melahirkan.

SETELAH persalinan, pasti moms merasa peluh bercucuran dengan derasnya. Kalau sudah begini, enaknya sih mandi, he he he. Namun, apa daya tenaga sudah terkuras dan rasa sakit masih terasa. Apalagi jika persalinan itu melalui operasi cesar. Wah, alamat ‘menunda’ untuk mandi nih!

Normal vs Cesar

Rambu-rambu mandi pascamelahirkan harus diperhatikan. Setelah cesar misalnya. Biasanya dokter akan menyarankan untuk diseka terlebih dulu.

Mandi baru boleh dilakukan setelah plester penutup jahitan dibuka -kurang lebih selama dua minggu atau sampai luka jahitannya kering. Bergantung pada masing-masing individu.

Saat mandi pun moms harus menggunakan plester anti air. Hal ini menjaga agar bekas jahitan tidak kemasukan air atau lembap sehingga lukanya biar cepat kering.

Sedangkan untuk moms yang melahirkan normal -jika memungkinkan- saat kondisi badan pascamelahirkan sudah pulih, moms diperbolehkan untuk mandi.

Tapi ingat, tunda dulu mandi dengan cara berendam -menggunakan bathup- sampai masa nifas selesai. Hal ini untuk mencegah terjadinya infeksi pascapersalinan.

sumber : Mom& Kiddie//nsa okezone

Read Also
Advertisement

Leave a Reply