Percantik Dinding Polos dengan Cutting Stiker0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 24 Jan 2011 at 10:50am
Bermain dinding bercorak.

Bermain dinding bercorak.

BOSAN dengan dinding rumah yang polos saja? Mungkin Anda bisa beralih ke dinding bercorak. Selain tampilannya cukup unik dan menarik, alternatif finishing dinding ini juga mulai digemari.

Dinding adalah empat bagian bidang masif di dalam rumah yang fungsinya sebagai pembatas atau sekat antara ruang satu dan ruang yang lain. Tanpa dinding, mungkin rumah tak akan menjadi seperti bangunan yang biasa kita tempati sekarang.

Namun, “masalah” kemudian muncul, apakah dinding akan dibiarkan polos saja tanpa hiasan dan corak? Tentu saja ada beragam cara untuk mempercantik dinding, antara lain dengan permainan warna cat atau berkreasi dengan berbagai bentuk pilihan kreatif seperti permainan pelapis dinding (wallpaper), permainan tekstur dinding, dan cutting stiker.

Arsitek Erlavina Prahesti mengatakan, untuk menggunakan cutting stiker, yang paling utama diperhatikan adalah dinding tempat elemen cantik itu bakal diaplikasikan. Sebaiknya dinding tidak lembap dan bersih supaya memudahkan dalam pemasangan. Kedua, perlu diperhatikannya furnitur yang ada di ruang itu. Sebaiknya tema cutting stiker menyesuaikan dengan furnitur maupun aksesori yang ada di ruang tersebut supaya tercipta satu kesatuan yang harmonis di dalam ruangan.

“Untuk memadupadankan cutting stiker dengan furnitur dan aksesori yang ada di dalam rumah, salah satu caranya adalah dengan menentukan tema ruang terlebih dahulu yang disesuaikan dengan fungsi ruang. Misalnya ruang tamu, ruang tidur, ruang makan, ruang tidur anak, dan ruang bermain. Lalu masing-masing ruang sesuai fungsinya mempunyai jenis furnitur atau aksesori tertentu dan tema tersendiri pula,” papar arsitek yang akrab dipanggil Vina itu.

Cara lain, Vina menyebutkan, dinding yang berwarna cerah atau polos putih diberi kesan kuat dengan pengaplikasian furnitur berwarna tegas dan cutting stiker yang cenderung mengimbangi warna furnitur atau sebaliknya. Dengan demikian, kesan yang ditimbulkan oleh cutting stiker dapat menjadi focal point di ruangan itu.

Sementara, khusus untuk ruang bayi atau ruang anak yang masih kecil, cutting stiker dapat membuat suasana ruang lebih “hidup” dengan warna yang sangat beragam. Mulai warna soft untuk ruang tidur bayi hingga warna-warna ceria akan cocok diterapkan di ruang tidur atau ruang bermain anak. Temanya pun bisa dipilih sesuai keinginan dan selera si anak. Dengan catatan, si anak sudah mengerti tentang kegemarannya.
Ketiga adalah bentuk atau model cutting stiker itu sendiri. Pada dasarnya cutting stiker merupakan ornamen tempel yang bisa Anda kreasikan sesuai selera sendiri untuk menciptakan ruang yang lebih hidup.

Mengenai warnanya, Vina mengatakan, biasanya pilihan warna cutting stiker bergantung pada warna dinding. Misalkan potongan stiker berwarna gelap atau tegas akan lebih hidup pada dinding yang cerah atau sebaliknya. Aplikasi lain yang cukup unik, yaitu dengan membuat warna dinding yang hampir senada dengan warna cutting stiker-nya.

“Namun, supaya terlihat lebih menarik, jenis cutting stiker-nya dipilih yang glow in the dark atau berglitter sehingga membuatnya tetap menonjol dan cantik,” saran Vina.

Read Also
Advertisement

Leave a Reply