Sehat dengan Bikram Yoga0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 24 Mar 2011 at 9:52am
Sehat dengan bikram yoga.

Sehat dengan bikram yoga.

BERBEDA dengan jenis yoga lainnya, bikram yoga akan membuat Anda “kepanasan”. Tapi,  jangan mengeluh dulu, panasnya ini justru dapat membuat Anda lebih sehat dan bugar.

Bikram yoga dikembangkan sejak lebih dari tiga puluh tahun yang lalu oleh Bikram Choudury. Bikram adalah guru yoga dari India yang memiliki reputasi internasional. Dia membawa ajaran yoganya ke Amerika Serikat pada tahun 1971 atas undangan dari Asosiasi Dokter Amerika.

Di bawah bimbingan gurunya, Bikram bekerja sama selama tiga tahun dengan dokter dan peneliti di Universitas Rumah Sakit Tokyo dan menciptakan jenis hatha yoga yang unik ini.

Hasil yoga ciptaannya ini kemudian berkembang cukup pesat hingga negara-negara Eropa, Asia, dan Amerika. Di Indonesia, khususnya Jakarta, bikram yoga sudah ada sejak 6 tahun lalu dan kini terletak di Jalan Kemang Raya Selatan No 2 -Two Kemang Place (2nd Floor), Jakarta Selatan.

“Kami memegang lisensi langsung dari Bikram Yoga pusat.Semua gerakan hingga instrukturnya sudah memiliki sertifikasi dari sana dan menerapkan standardisasi khusus bikram yoga,” ujar pemilik studio Bikram Yoga Jakarta, Monny Suriany.

Secara ilmiah, bikram yoga merupakan salah satu cabang hatha yoga yang dirancang untuk melatih setiap bagian dari tubuh melalui 26 rangkaian postur selama 90 menit. Menariknya, jenis yoga yang satu ini harus dilakukan dalam ruangan “panas” yakni dengan suhu 38-42 derajat Celsius (sedikit di atas suhu tubuh).

“Kami melangsungkan latihan dalam ruangan yang diberi cermin yang dipanaskan antara 38-42 derajat Celsius. Panas tersebut memungkinkan kita untuk dapat melakukan postur secara lebih mendalam sehingga bisa lebih cepat mendapatkan manfaat dari yoga,” kata Monny.

Panas akan meminimalkan otot terkilir sehingga mengurangi risiko cedera. Panas juga mendorong tubuh melakukan pembersihan dan detoksifikasi, selain membentuk stamina dan ketangguhan.Cermin yang ditempatkan di ruangan akan membantu Anda memiliki kesadaran lebih terhadap tubuh Anda sehingga Anda bisa memperbaiki dan memperdalam postur Anda.

Setiap postur bekerja secara bersinergi untuk mengembalikan tingkat keseimbangan tubuh. Untuk tekniknya, bikram yoga terdiri atas dua puluh enam rangkaian asana (postur) yang dirancang secara ilmiah untuk memanaskan dan meregangkan otot, sendi, dan urat secara berurutan dan beraturan.

“Hanya ada 26 gerakan yang secara rutin dilakukan dan tidak ada penambahan gerakan apa pun. Ke-26 gerakan inilah yang memang diperlukan untuk tubuh, tidak perlu penambahan apa-apa lagi,” sebut Monny.

Jika berlatih secara teratur, bikram yoga akan mengurangi gejala-gejala penyakit kronis dan mampu menyatukan pikiran, tubuh, dan jiwa. Manfaat lainnya antara lain meningkatkan kelenturan, kekuatan, dan keseimbangan, menurunkan berat badan, membentuk otot, memperkuat stamina, dan memperlambat proses penuaan.

Manfaat yoga ini tentu tidak bisa langsung Anda rasakan karena semuanya melalui proses latihan. Masing-masing orang pun akan berbeda dalam menerima efek dari latihan tersebut. Ada yang membutuhkan waktu singkat maupun bertahap.

Selain menyediakan kelas bikram yoga, studio ini juga menjadi wadah komunitas bagi mereka yang ingin memadukan kesehatan dan hangout.

“Kami ingin menciptakan sebuah komunitas yang sehat, tempat mereka bisa mendapatkan manfaat ganda lebih dari sekadar sehat, melainkan bisa saling berkumpul dan bersosialisasi memperbanyak teman dan memperluas jaringan,” tutur Monny.

Jadwal kelas bikram yoga, ada setiap hari dengan waktu yang berbeda. Biasanya satu hari maksimal empat sesi pada pagi, sore, dan malam.

sumber : SINDO//nsa okezone

Read Also
Advertisement

Leave a Reply