Stem Cell untuk Sembuhkan Kebutaan0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 14 Mar 2011 at 9:06am
Stem cell untuk sembuhkan kebutaan

Stem cell untuk sembuhkan kebutaan

DUNIA kedokteran kembali menemukan teknik terbaru stem cell bagi penderita kebutaan. Terapi terbaru ini tentu saja membuat harapan baru bagi mereka yang memiliki penglihatan tidak sempurna.

Para ilmuwan di Universitas Cambridge percaya, orang yang buta dapat melihat kembali atau sembuh setelah dilakukan operasi transplantasi stem cell (sel induk/sel punca) dari tubuh mereka sendiri. Hal ini merupakan salah satu kesuksesan terbesar yang menakjubkan untuk bidang terapi sel yang sedang berkembang.

Mereka telah berhasil melakukan percobaan kepada tikus, dan berharap untuk memulai uji coba pada manusia dalam waktu lima tahun. Metode ini melibatkan pengambilan sel induk dari sumsum tulang, dan menyuntikkan kepada mereka dalam larutan ke dalam bagian belakang mata.

Di sana, mereka membantu sel-sel saraf optik yang ada hingga merosot lebih jauh. Mereka juga dapat mengubah theselves menjadi sel-sel saraf optik baru, membalikkan kerusakan, dan memperbaiki penglihatan.

“Menemukan perawatan untuk membalikkan kebutaan tidak lagi dalam ranah fiksi ilmiah.
Kami melakukannya pada model hewan, dan hasilnya sangat menggembirakan, bahwa kami berharap dapat segera bergerak maju ke pengujian pada manusia,” kata Profesor Keith Martin, ahli syaraf di Cambridge University dan ahli bedah mata di Addenbrooke’s Hospital yang dinukil dari Telegraph.

“Pengobatan sel induk bergerak maju sangat cepat dalam banyak cabang kedokteran, dan kita melihat beberapa hasil yang terbaik di mata,” sambungnya.

Lebih lanjut Prof Martin mengungkapkan, “Kami telah berkonsentrasi pada glaukoma karena begitu umum, namun ada cukup beberapa penyakit yang memengaruhi saraf optik mereka, seperti penyakit inflamasi, sehingga dapat digunakan di sini juga.”

Sementara tim telah berhasil menghentikan glaukoma pada tikus, dan membalikkan penurunan sampai batas tertentu, mereka masih bekerja pada tujuan akhir, yaitu bagaimana menyembuhkan kebutaan.

Ada 300 ribu orang di Inggris yang didiagnosis dengan glaukoma, meskipun jumlah penderita dianggap dua kali lipat. Sebagian besar lebih dari 40.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tekanan bola mata yang diangkat, dan kerusakan pada saraf optik, yang mentransmisikan sinyal dari retina ke otak. Bidang visi menyempit perlahan selama bertahun-tahun atau dekade.

Prof Martin mengatakan, teknik baru bisa membantu dua kelompok secara khusus. Yaitu mereka yang didiagnosis dengan glaukoma maju, dan mereka yang dikembangkan lebih dini dalam kehidupan.

“Perlakuan yang ada, menurunkan tekanan mata, bekerja dengan baik bagi kebanyakan orang, tapi itu adalah strategi pencegahan. Hal itu tidak berguna bagi mereka dengan glaukoma tingkat lanjut,” tuturnya.

Selain itu, menurunkan tekanan mata saja tidak bisa mencegah glaukoma selama beberapa dekade. Proyek ini didanai oleh hibah sebesar 320 ribu poundsterling dari badan amal Fight Sight, yang mendukung (SAT) World Glaucoma Day.

Dr Dolores Conroy, petugas penelitian untuk Fight Sight memaparkan, “Kemajuan teknologi sel induk cenderung merevolusi pengobatan untuk penyakit seperti glaukoma. Kita harus berinvestasi dalam bidang penelitian sekarang, jadi pengobatan untuk menyimpan, dan berpotensi mengembalikan, melihat jutaan orang yang tersedia di masa depan.”

sumber : Chaerunnisa – Okezone

Read Also
Advertisement

Leave a Reply