Tip Aman Memilih Camilan0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 21 Mar 2011 at 9:41am
Camilan

Camilan

SEBELUM mengonsumsi makanan, jelaskan kepada anak, mana makanan yang tidak aman untuk dikonsumsi. Namun, perlu diingat, kriteria aman itu bervariasi.

Aman bagi satu orang, belum tentu aman untuk yang lain. Berikut tip dari pakar kimia pangan dan gizi dari Akademi Kimia Analis Bogor, Ir Chandra Irawan MSi untuk memilih makanan yang aman:

Perhatikan warnanya

Perhatikan warna makanan yang dikonsumsi, apakah makanan tersebut berwarna mencolok atau jauh berbeda daripada warna aslinya. Aneka camilan, kerupuk, mi, es krim, dan agar-agar yang berwarna terlalu mencolok, ada kemungkinan telah ditambahi zat pewarna yang tidak aman.

Amati komposisinya

Bacalah dengan teliti, adakah kandungan bahan-bahan makanan tambahan yang bahaya, dan bisa merusak kesehatan.

Cicipi rasanya

Sebelum dimakan secara lahap, cicipi sedikit makanan tersebut. Biasanya lidah cukup jeli untuk membedakan mana makanan yang aman atau tidak. Makanan yang tidak aman, umumnya berasa tajam, misal sangat gurih sehingga membuat lidah bergetar dan tenggorokan gatal.

Cium aromanya

Bau apek atau tengik pertanda makanan tersebut sudah rusak atau terkontaminasi mikroorganisme.

Perhatikan kualitasnya

Perhatikan kualitas makanan, apakah masih segar atau sudah berjamur yang bisa menyebabkan keracunan. Makanan yang sudah berjamur menandakan proses tidak berjalan dengan baik atau sudah kadaluwarsa.

Terdaftar di BPOM

Jika ingin membeli makanan impor, usahakan produknya telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang bisa dicermati dalam label yang tertera di kemasannya.

sumber : SINDO//nsa okezone

Read Also
Advertisement

Leave a Reply