Yuk, Jaga Kesehatan & Kecantikan Mata!0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 17 Mar 2011 at 9:49am
Miliki mata indah

Miliki mata indah

TAK hanya jendela hati, mata juga merupakan jendela pengetahuan. Mata memiliki banyak peran penting dalam proses persepsi dan absorbsi terhadap realita. Kita bisa “tahu” banyak hal karena kita punya mata yang sehat. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan dan kecantikan mata?

Mata merupakan organ penting di tubuh kita. Sekitar 80 persen informasi yang diterima otak, masuk melalui panca indera penglihatan tersebut. Dikatakan Dr Gitalisa Andayani SpM, dokter spesialis mata dari RSCM, mata juga sebagai jendela tubuh kita.

“Mata merupakan indera yang paling berharga. Sebanyak 80 persen dari informasi yang didapat untuk menjalani hidup dari mata. Selain perlu dipercantik, kita juga harus menjaga kesehatannya,” kata Dr Gitalisa saat peluncuran Renewel Lash Serum di Kuningan, Jakarta, Rabu (16/3/2011).

Memiliki mata yang cantik dan indah merupakan idaman setiap orang. Hanya saja, papar Dr Gitalisa, banyak orang belum mengetahui mata dan fungsi-fungsinya.

Bola mata kita yang sangat istimewa haruslah punya pelindung. Tiga pelindung yang kita miliki adalah kelopak mata, bulu mata, dan alis mata.

Kelopak mata merupakan bagian di luar bola mata yang bisa membuka dan menutup. Cara kerjanya mirip seperti daun jendela. Bagian inilah yang bergerak saat kita mengedipkan mata. Saat tidur, kelopak mata akan menutupi seluruh bola mata kita.

Saat kita terjaga, mata akan berkedip setiap beberapa detik sekali. Gerakan ini berlangsung secara otomatis. Namun bisa juga diperintahkan sesuka kita.

Gerak kedipan ini sangat bermanfaat. Setiap kita berkedip, ada sedikit air mata yang dikeluarkan kelenjar air mata. Air mata ini bertindak sebagai pelumas. Ia menjaga mata kita agar tidak kering.

“Selain itu, ia dapat membersihkan mata kita bila ada debu, bulu mata, atau benda asing lainnya yang masuk ke mata. Kuman jahat juga bisa disingkirkan saat kita berkedip,” imbuh Dr Gitalisa.

Dr Gitalisa mengungkapkan, di pinggir kelopak mata, ditumbuhi bulu-bulu. Bulu mata ini berfungsi seperti tirai. Ia dapat dipakai untuk mengurangi banyaknya cahaya yang masuk ke mata. Bulu mata juga berguna untuk melindungi dari debu. Karena basah, ada satu lap yang melindungi (tear foam) yang tidak hanya air, tapi ada aquos lipid, musin (lendir).

“Kalau tidak ada lap tersebut kornea bisa menjadi kering,” jelas dokter cantik itu.

Setelah mengetahui apa itu mata, memiliki kamera alami yang dihiasi dengan bulu mata sehat dan indah, tentu menjadi impian Anda. Untuk mewujudkannya, Anda pun harus mengetahui apa saja gangguan bulu dan kelopak mata.

Yaitu hipotrikosis (bulu mata yang tipis atau tidak ada),  trikiasis (bulu mata yang ke arah dalam, mata kelilipan terus bisa bikin kornea iritasi), disbikiasis (tidak tumbuh semestinya), blefariatis (radang kelopak mata), phoriasis (penyakit seksual disebabkan bakteri), dan sebagainya.

Adapun penyebab penyakit-penyakit tersebut ialah 3 H (health, habit, hormone).

“Health yang dimaksud, mengalami gangguan bulu mata karena kurang nutrisi, kebutaan secara menyeluruh, infeksi atau kanker. Habit ialah dengan mudah mengundang infeksi, lupa membersihkan mata, dan kebiasaan mengucek mata. Serta hormonal,” jelas dokter berambut panjang itu.

Lantas, bagaimana agar mata sehat?

Langkah pertama ialah, menghapus make up mata sebelum tidur. Jangan sering-sering menggosok atau mengucek mata terlalu kuat, terutama bila ada benda asing yang masuk ke dalam mata. Lalu, lakukan diet seimbang, termasuk makan buah-buahan berwarna kuning hingga jingga, sayuran, sumber protein, karbohidrat, dan lemak yang cukup.

“Terpenting lainnya dalam memilih produk yang selektif, yang sudah diuji secara klinis atau disurvei. Serta hati-hati dalam aplikasi, walau aman untuk mata jangan kontak langsung ke bola mata,” imbuhnya.

Tak hanya itu saja, masih menurut Dr Gitalisa, Anda pun harus menghindari stres berlebihan. Hindari merokok dan mengonsumsi obat-obatan yang berbahaya. Kalau gatal, berkonsultasilah dengan dokter mata. Sebaiknya periksa mata secara teratur (berkala). Dan, mata indah milik Anda!

sumber : Chaerunnisa – Okezone

Read Also
Advertisement

Leave a Reply