Kecilnya Nakal, Putra Nababan Diungsikan ke Amerika0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 22 Mar 2011 at 9:34am
Putra Nababan

Putra Nababan

JAKARTA – Putra Nababan masuk nominator Panasonic Gobel Awards ke-14 untuk kategori presenter berita/current affair. Bisa duduk di posisi enak seperti sekarang, dilalui Putra dengan jalan berliku.

Putra beruntung karena terlahir dari keluarga berkecukupan. Namun, anak kedua dari tiga bersaudara ini termasuk tidak bisa diam dan sering membantah orangtua. Betapa tidak, lelaki kelahiran 28 Juli 1974 itu pernah membuat orangtua berada di puncak amarah karena melihatnya malas belajar.

Saat itu, Putra duduk di bangku SMP. Jelang ujian akhir, Putra bukannya berkutat dengan buku pelajaran, malah dia kabur untuk bermain bola di lapangan.

“Kecil, saya anak yang nakal, bandel, sangat enerjik, tidak bisa diam, aktif, banyak melawan orangtua. Dikasih les kabur, suka kucing-kucingan sama orangtua. Pernah besoknya Ebtanas (Ujian Akhir Nasional), saya pura-pura tidur dan lompat dari jendela kamar, kemudian pergi bermain bola,” kata Putra dalam perbincangan dengan okezone di Redaksi RCTI, Jakarta, belum lama ini.

Sialnya, perbuatan nakal Putra itu ketahuan. Sang ayah, Panda Nababa, sepulang dari kantor masuk ke kamar Putra dengan maksud untuk mengingatkan belajar.

“Kenakalan saya ketahuan sama bapak. Sepulang dari kantor, bapak menyempatkan masuk ke dalam kamar untuk mengingatkan belajar. Ternyata, saya enggak ada di kamar. Bapak kaget dan mencari-cari saya sampai ke lapangan. Benar saja, begitu ketemu saya langsung dihajar,” tutur Putra, tersenyum kecil mengenang masa lalunya.

Melihat Putra yang semakin nakal dan tak kunjung menjadi anak penurut, orangtuanya memutuskan untuk menyekolahkan ke Amerika Serikat selepas SMP. Tak mau disekolahkan di negeri orang, Putra membujuk ibunya, Ria Nababan, agar niat tersebut tak terlaksana.

“Saya coba merayu ibu dengan menjanjikan masuk SMA unggulan. Bener saja, saya masuk SMA unggulan. Tapi, ibu tetap menyuruh saya pergi ke Amerika. Menurut ibu, kalau saya SMA di sini akan semakin bandel karena pergaulan,” kenangnya.

Di Amerika, Putra tinggal di Sioux City, Iowa, kota kecil dengan jumlah penduduk 80 ribu jiwa. Pertama kali menginjakkan  kaki di Negara Adi Daya, presenter berita Seputar Indonesia ini sempat khawatir tidak bisa menyesuaikan diri di lingkungan baru. Apalagi saat pindah ke Negara Paman Sam usianya masih belia.

“Takut karena enggak bisa adaptasi. Saya kan bukan orang yang tiba-tiba mandiri. Takut enggak bisa menyesuaikan diri. Saya di sana tinggal dengan orangtua angkat yang sangat taat beragama,” sebut Putra.

Jauh dari keluarga, membuat lelaki yang pernah mengecap sekolah dasar di PSKD 6 Jakarta itu sadar selama ini telah menyusahkan orangtua. Suami Mira Sirait ini pun berjanji ingin membahagiakan orangtua dengan menempuh pendidikan SMA hanya dalam waktu satu tahun.

“Ceritanya saya merasa bersalah sama orangtua. Saya merasa selama ini selalu menyusahkan orangtua, saya berjanji menyelesaikan SMA dalam jangka waktu setahun. Selama satu tahun itu saya pakai hanya untuk belajar terus. Setahun selesai SMA, saya telepon ibu, bilang ingin melanjutkan kuliah di Amerika, mau ambil jurusan jurnalistik,” papar lelaki yang tercatat sekolah di West High School.

Ternyata, keputusan orangtua menyekolahkan Putra ke Amerika tepat. Presenter berita ini berubah dari anak nakal menjadi kebanggaan orangtua.

“Begitu di Amerika, bandel saya enggak diteruskan lagi. Ketika jauh dari orangtua, nasehatnya jadi masuk semua. Padahal, waktu dekat itu masuk telinga kanan, keluar telinga kiri. Saya jalani pesan orangtua, nilai saya jadi bagus-bagus. Saat lulus SMA mendapatkan IPK (indeks prestasi kumulatif) yang sangat tinggi, lulus dengan kehormatan,” ujarnya bangga.

Selain kecilnya nakal, sebelum sukses seperti sekarang Putra pernah menjalani profesi sebagai satpam. Ikuti terus kilas balik perjalanan karier dan kehidupan Putra di okezone.com.

sumber : Mahfiroh – Okezone

Read Also
Advertisement

Leave a Reply