Lagu Pertama Ciptakan Gesang adalah Si Piatu0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 21 May 2010 at 2:01pm
Gesang

Gesang

Mendengar nama Gesang, setiap orang pasti langsung mengingat lagu Bengawan Solo. Tapi, tidak banyak orang yang tahu bahwa lagu pertama yang diciptakan Gesang adalah lagu berjudul Si Piatu.

Lagu tersebut diciptakan Gesang dua tahun setelah dia memulai karirnya sebagai penyanyi keroncong lokal dan ikut manggung di sejumlah tempat, tepatnya tahun 1938.

Lagu Si Piatu bercerita mengenai seorang anak yang tidak mendapat kasih sayang orangtuanya. Dia menciptakan lagu tersebut, setelah melihat kesedihan kawannya yang merupakan yatim piatu.

Namun, lagu ini tidak booming seperti lagu Bengawan Solo yang dia ciptakan dua tahun kemudian, 1940. Saat itu, Gesang yang berusia 23 tahun sedang duduk-duduk di tepi sungai Bengawan Solo.

Kekagumannya terhadap sungai tersebut, membuatnya terinspirasi membuat lagu Bengawan Solo. Lagu ini kemudian menjadi lagu yang terkenal baik di Indonesia maupun di luar negeri, bahkan di Jepang jembatan Bengawan Solo diabadikan dalam sebuah film karena kekaguman terhadap lagu tersebut.

Karenanya, nama Gesang tidak hanya terkenal di Indonesia. Dia mampu mengharumkan nama bangsa dengan lagunya itu hingga ke negeri sakura. (uky)

sumber:  Syukri Rahmatullah – Okezone

Read Also
Advertisement

Leave a Reply