Leony: Gus Dur Tokoh Berjasa bagi Etnis Tionghoa1 Comment

By ZonaSelebriti.com
Posted on 31 Dec 2009 at 11:27am
Leony

Leony

Tak basa-basi dan selalu tampil apa adanya. Itulah gambaran sosok mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di mata penyanyi dan juga bintang film Leony Vitria Hartanti.

“Beliau itu adalah tokoh yang sangat apa adanya, enggak pernah berpura-pura. Ini yang membedakan Gus Dur dengan tokoh kebanyakan lainnya,” ujar Leony, aktris nominasi Piala Citra 2009, saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Rabu (30/12/2009).

Kekaguman Leony kepada Gus Dur tak hanya karena sosoknya yang terkesan nyeleneh, tetapi juga karena jasanya dalam mengakui keberadaan masyarakat Tionghoa di Tanah Air. “Hasilnya bisa dirasakan sekarang, bagaimana perayaan Imlek dan kesenian Tionghoa kini bisa muncul di televisi,” kata bintang film Identitas itu.

Pada masa pemerintahan Orde Baru, segala hal yang berbau etnis Tionghoa mendapatkan tekanan. Namun, semasa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, masyarakat Tionghoa justru mendapatkan kebebasannya. “Waktu itu saya masih SMP dan tidak mengerti soal politik. Beliau tokoh yang berjasa. Kehilangan beliau, itu pasti,” ujar mantan personel Trio Kwek Kwek¬† itu.

Mengingat Gus Dur, Leony jadi teringat pada saat ia sempat satu pesawat dengan Gus Dur dalam perjalanan menuju Balikpapan tahun 1997. “Beliau adalah sosok yang low profile,” katanya. (EH)

kompas.com

Read Also
Advertisement

1 Comment

  1. ervi

    saya setuju dengan coment yg satu ini.
    sekarang tidak seperti tahun2 yg lalu. menjelang imlek dan di hari imlek ja bisa mati lampu. bener2 dikriminasi trhdp etnis tiong hua.

Leave a Reply