Pemerintah Italia Boikot Festival Film Cannes0 Comments

By ZonaSelebriti.com
Posted on 13 May 2010 at 9:00am
Cannes

Cannes

Kementerian Budaya Italia telah menolak undangan untuk hadir di pembukaan Festival Film Cannes sebagai simbol protes atas ditayangkannya film yang menceritakan tentang gempa di L’Aquila.

Sandro Bondi, sengaja menjadikan peristiwa yang mengguncang Italia pada 2009 ini sebagai dokumenter satir yang mengkritik kebijakan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi saat menanggulangi bencana tersebut.

Dia menyebut film ini sebagai propaganda yang menyinggung seluruh masyarakat Italia.

Draquila, komik buatan Sabina Guzzanti, akan dirilis pada event yang mulai pada 12 Mei tersebut. Film ini juga diikutsertakaan dalam kompetisi di festival film yang dihelat di Prancis tersebut.

Guzzanti sengaja menghabiskan waktu berbulan-bulan di kota yang terkena musibah gempa untuk mencari tahu bagaimana pemerintah menangani upaya rekonstruksi pascabencana.

Film ini menggambarkan bahwa Berlusconi kerap menggunakan kejadian tersebut untuk menaikkan popularitasnya, sementara tidak berkonsultasi tentang pembangunan rumah cepat di pinggiran kota.

Bondi yang dikenal sebagai pendukung kuat Perdana Menteri Italia, telah dikritik oleh oposisi yang menolak undangan ke Cannes.

“Berlusconi dan pemerintahannya terlalu toleran terhadap kebebasan berekspresi,” ujar pimpinan partai, Fabio Gambrione, seperti dikutip dari BBC Entertainment, Selasa (11/5/2010).

L’Aquila digundang gempa pada April 2009, yang menewaskan 300 orang dan 60 ribu warga kehilangan tempat tinggal(nov)

sukmber:  Novi Muharrami – Okezone

Read Also
Advertisement

Leave a Reply